Membuat Shiny Button

Pada kesempatan kali ini Saya akan memberikan tutorial bagaimana membuat tombol, saya menyebutnya dengan “shiny button” menggunakan Corel Draw X4. Cara pembuatannya cukup mudah dan sederhana, silahkan ikuti langkah-langkan dibawah ini.

  1. Buka Corel Draw X4 kemudian buat lingkaran seperti gambar dibawah ini dengan menggunakan Ellipsetool. Klik 2 kali lingkaran tersebut untuk membentuk lingkaran tersebut agar  seperti gambar dibawah.

  2. Selanjutnya warnai object tersubut dengan menggunakan toolbox Fill > Fountain Fill kemudian pada Type pilih Conical, pada bagian Collor blend pilih Custom karena kita akan memilih sendiri kombinasi warna sesuai keinginan kita. Atur warna dengan mengkombinasikan warna agar terlihat seperti warna Metal, setelah selesai kemudian tekan OK.




  3. Duplikat gambar pertama yang kita buat tadi (ctrl + D ) , perkecil ukurannya sedikit. Beri warna pada object yang kedua,langkahnya seperti pada pemberian warna object pertama, namun kali ini pada bagian ColorBlend kurangi kombinasi warna dan pada Option > angel ubah angkanya,misalnya ubah menjadi -25. Kemudian tekan OK .


  4. Buat object yang ketiga dengan menduplikat object ke dua ( ctrl + D), perkecil ukurannya. Seperti langkah sebelumnya kita akan memberi warna pada object yang ketiga. Ubah seperti pengaturan pada object yang pertama,kemudian OK.



  5. Duplikat object 3 kemudian sedikit perkecil ukurannya. Atur tepat diatas object 3,kemudian beri warna dengan menggunakan Fill > Fountain Fill. Pada bagian Type pilih Radial, atur agar tampak seperti pada gambar dibawah.


  6. Seperti langkah diatas, hanya kali ini type warna menggunakan Radial.


  7. Dengan menggunakan Text tool buat F dan beri warna seperti saat memberi warna pada object 4.


  8. Langkah terakhir ,Duplikat huruf F (ctrl + D) beri warna putih. Pada menu Effect pilih Lens (alt + F3), kemudian akan muncul menu disebelah kiri. Pilih Transparency dan atur Rate menjadi 70%.


Sekian tutorial kali ini .

Semoga bermanfaat :)

Leave a Reply