Sistem Televisi Dunia



Dalam dunia pertelevisian dunia terdapat video standar broadcast yang digunakan dalam penayangannya. Video standar broadcast tersebut meliputi :

  1. PAL
    PAL adalah singkatan dari Phase Alternating Line. Yaitu standard broadcast yang
    biasa digunakan di sebagian Eropa, Perancis, Korea utara dan Asia termasuk Indonesia
    juga menggunakan standard broadcast ini.
      1. Untuk PAL jenis Analog mempunyai Resolusi 768 x 576, framerate 25 fps dan scanline ( garis pixel pada monitor ) 625
      2. Untuk PAL jenis Digital mempunyai Resolusi 720 x 576, framerate 25 fps dan scanline ( garis pixel pada monitor ) 625
    Sistem PAL ini menggunakan 25 fps (frame persecond), artinya dalam penayangan sebuah video setiap detiknya akan di tampilkan sebanyak 25 gambar.
     
  1. NTSC
    NTSC singkatan dari National Television Sistem Commitee , sistem ini telah lama digunakan di Amerika Serikat , sistem ini juga digunakan di Canada , Grenland, Mexico, Cuba dan sebagainya.
      1. Untuk NTSC jenis Analog mempunyai Resolusi 640 x 480, framerate 29.97 dibulatkan menjadi 30 fps dan scanline ( garis pixel pada monitor ) 525.
      2. Untuk NTSC jenis Digital mempunyai Resolusi 720 x 480, framerate 29.97 dibulatkan menjadi 30 fps dan scanline ( garis pixel pada monitor ) 525. 
    Sistem NTSC ini mengguanakan 30 fps (frame persecond) ,artinya dalam penayangan sebuah video dalam setiap detiknya akan di tampilkan sebanyak 30 gambar.

  2. SECAM
    SECAM singkatan dari Sequencetial Amplitudo Modulation jenis standard ini sangat jarang digunakan.

  3. Sistem HDTV
    HDTV ( High Definition Television ) merupakan standard terbaru pertelevisian International. Standard ini menggunakan pola digital jadi apabila agar dapat menikmati layanan ini TV yang digunakan harus sudah support HDTV, untuk jenis TV yang umumnya digunakan sekarang ini tidak bisa menangkap sinyalnya. HDTV dapat digunakan dalam 1.125 baris. Jenis ini dapat dinikmati di seluruh dunia, karena telah memiliki kemampuan mengkonversi sesuai system yang berlaku ditiap negara. 

Leave a Reply